Sabtu, 29 Maret 2014

Rangkuman Materi Revolusi Industri, Revolusi Amerika, Revolusi Prancis, Revolusi Rusia, Dan Masa Kependudukan Jepang di Nusantara




1.       REVOLUSI AMERIKA SERIKAT (19 April 1775 – 3 September 1783)
v  Berawal sebagai sebuah perang antara Kerajaan Britania Raya dan Amerika Serikat yang baru berdiri
v  Secara perlahan menjadi perang global antara Britania di satu sisi dan Amerika Serikat, Perancis, Belanda, dan Spanyol di sisi lainnya.
v  Perang ini dimenangkan oleh Amerika Serikat dengan hasil yang bercampur dengan kekuatan lainnya.
v  1773 merupakan penghancuran muatan teh kapal Britania karena Pembrontakan Amerika Serikat terhadap teh Britania yang terkena pajak mendorong terjadinya peristiwa Pesta Teh Boston
v  April 1775, Gage mengetahui bahwa persenjatan sedang dikumpulkan di Concord, dan ia mengirimkan tentara BRitania untuk merampas dan menghancurkannya.
v  Juni 1776 Amerika Serikat berhasil mengendalikan setiap negara bagian secara penuh, tetapi kemudian Angkatan Laut Kerajaan Britania menduduki New York City dan menjadikannya pangkalan utama mereka.
v  23 Agustus 1775, Raja George mengeluarkan maklumat yang menyatakan bahwa koloni sedang melancarkan pemberontakan. Lima bulan kemudian Thomas Paine menerbitkan pamflet tebal yang berjudul “Common Sense”. Isi pamflet tersebut memuat tentang pentingnya sebuah kemerdekaan.
v  10 Mei 1776 sebuah resolusi untuk memotong tali belenggu parlemen Inggris dikeluarkan oleh sebuah komite yang beranggotakan lima orang yang dipimpin Thomas Jefferson dari Virginia dengan tujuan mempersiapkan suatu deklarasi
v  Timbulnya Revolusi Prancis pada 1789 merupakan bukti adanya pengaruh dari Revolusi Amerika sebagai gerakan yang menentang penindasan terhadap rakyat oleh penguasa.
v   






2.       REVOLUSI  PRANCIS (1789–1799)
Ø Pemerintah Perancis mengalami keuangan pada tahun 1780-an, dan Louis XVI dikritik karena tidak mampu menangani masalah ini
Ø Akhir abad ke-19 perekonomian yang tidak sehat, panen yang buruk, kenaikan harga pangan, dan sistem transportasi yang tidak memadai adalah hal-hal yang memicu kebencian rakyat terhadap pemerintah.
Ø Louis XVI berusaha mengurangi pengeluaran pemerintah, namun lawannya di parlement berhasil menggagalkan.
Ø Penyebab lain Rovolusi Perancis adalah kebencian terhadap pemerintah, yang muncul seiring dengan berkembangnya cita-cita Pencerahan.
Ø Mei 1776, menteri keuangan Turgot dipecat setelah ia gagal melaksanakan reformasi keuangan.
Ø Setahun kemudian, Jacques Necker ditunjuk menjadi Bendahara Keuangan
Ø Necker menyadari bahwa sistem pajak di Perancis sangat regresif, masyarakat kelas bawah dikenakan pajak yang lebih besar, sementara kaum bangsawan dan pendeta diberikan banyak pengecualian.
Ø Necker beranggapan bahwa pembebasan pajak untuk kaum bangsawan dan pendeta harus dikurangi, dan mengusulkan untuk meminjam lebih banyak uang agar permasalahan keuangan negara bisa teratasi.
Ø Necker menerbitkan sebuah laporan untuk mendukung anggapannya. Dan juga mengusulkan pembatasan kekuasaan parlement. Namun tidak diterima oleh raja
Ø Necker dipecat dan Charles Alexandre de Calonne ditunjuk menjadi bendahara yang baru
Ø Calonne dengan cepat menyadari situasi keuangan negara yang sedang kritis dan mengusulkan pembentukan kode pajak yang baru
Ø pertama kalinya sejak 1614, Raja memanggil Etats-Généraux pada bulan Mei 1789. Pemanggilan ini sekaligus menjadi pertanda bahwa monarki Bourbon sedang dalam keadaan lemah dan tunduk pada tuntutan rakyatnya.



3.    REVOLUSI RUSIA (awal 1880)
ü  Revolusi terjadi dikarenakan oleh kondisi yang buruk di Rusia, dibandingkan dengan negara-negara lain di akhir abad 19 yang telah memulai revolusi industri
ü  1881 Tsar Alexander II dibunuh oleh suatu kelompok.
ü Polisi Rahasia mengetahui bahwa pendiri kelompok tersebut adalah Alexander Ulianov, yang akhirnya dieksekusi. Adik Ulianov, Vladimir Iljitsi Ulianov tersentuh dengan kematian kakaknya.
ü  Vladimir mendapatkan nama samaran, Lenin
ü  Lenin telah membaca ide komunis Karl Marx, dan dia berambisi untuk membangun Negara Komunis Rusia
ü  German berhasil mengalahkan Rusia di Leningrad (St' Petersburg). Rusia dipaksa menandatangani kesepakatan damai
ü  German mengetahui tentang Lenin, Lenin dikirim kembali ke Rusia untuk memulai pemberontakan
ü  Pada November 1917, Lenin mulai bekerja untuk memenuhi ambisinya. Sebuah revolusi baru dimulai dan berhasil menyingkirkan pemerintahan dan akhirnya suatu negara Komunis pertama lahir.
ü  Lenin memiliki Polisi Rahasia baru yang dinamakan KGB yang bertugas untuk mejaga keamanan Uni Soviet.
ü  Lenin meninggal di tahun 1924, Josef Stalin menggantikannya.dan berhasil menyelesaikan kerja Lenin dengan mengubah para petani Russia menjadi komunis
ü  Tahun 1941 Hitler tiba-tiba menyerang Russia, Kota-kota yang diserang antara lain adalah Kiev, Sevastopol, Zhitomir, dan Kaunas.









4.    REVOLUSI INDUSTRI (1750-1850)
è Terjadinya perubahan secara besar-besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi serta memiliki dampak yang mendalam terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan budaya di dunia.
è dimulai dari Britania Raya dan kemudian menyebar ke seluruh Eropa Barat, Amerika Utara, Jepang, dan akhirnya ke seluruh dunia.
è Selama dua abad setelah Revolusi Industri, rata-rata pendapatan perkapita negara-negara di dunia meningkat lebih dari enam kali lipat.
è Faktor kunci yang turut mendukung terjadinya Revolusi Industri antara lain:
1.     Masa perdamaian dan stabilitas yang diikuti dengan penyatuan Inggris dan Skotlandia
2.     Tidak ada hambatan dalam perdagangan antara Inggris dan Skotlandia
3.     Aturan hukum (menghormati kesucian kontrak)
4.     Sistem hukum yang sederhana yang memungkinkan pembentukan saham gabungan perusahaan (korporasi)
5.     adanya pasar bebas (kapitalisme)
è      Terjadinya peralihan dalam penggunaan tenaga kerja di Inggris yang sebelumnya menggunakan tenaga hewan dan manusia digantikan oleh penggunaan mesin yang berbasis menufaktur
è      Dilakukannya mekanisasi terhadap industri tekstil, pengembangan teknik pembuatan besi dan peningkatan penggunaan batubara
è      Ekspansi perdagangan turut dikembangkan dengan dibangunnya terusan, perbaikan jalan raya dan rel kereta api. Adanya peralihan dari perekonomian yang berbasis pertanian ke perekonomian yang berbasis manufaktur menyebabkan terjadinya perpindahan penduduk besar-besaran dari desa ke kota, dan pada akhirnya menyebabkan membengkaknya populasi di kota-kota besar di Inggris



Masa pendudukan Jepang di Indonesia dimulai pada tahun 1942 dan berakhir pada tanggal 17 Agustus 1945 seiring dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno dan M. Hatta atas nama bangsa Indonesia.
Pada Mei 1940, awal Perang Dunia II, Belanda diduduki oleh Nazi Jerman. Hindia Belanda mengumumkan keadaan siaga dan di Juli mengalihkan ekspor untuk Jepang ke Amerika Serikat dan Inggris. Negosiasi dengan Jepang yang bertujuan untuk mengamankan persediaan bahan bakar pesawat gagal di Juni 1941, dan Jepang memulai penaklukan Asia Tenggara di bulan Desember tahun itu. Di bulan yang sama, faksi dari Sumatra menerima bantuan Jepang untuk mengadakan revolusi terhadap pemerintahan Belanda. Pasukan Belanda yang terakhir dikalahkan Jepang pada Maret 1942.
Pada Juli 1942, Soekarno menerima tawaran Jepang untuk mengadakan kampanye publik dan membentuk pemerintahan yang juga dapat memberikan jawaban terhadap kebutuhan militer Jepang. Soekarno, Mohammad Hatta, dan para Kyai didekorasi oleh Kaisar Jepang pada tahun 1943. Tetapi, pengalaman dari penguasaan Jepang di Indonesia sangat bervariasi, tergantung di mana seseorang hidup dan status sosial orang tersebut. Bagi yang tinggal di daerah yang dianggap penting dalam peperangan, mereka mengalami siksaan, terlibat perbudakan seks, penahanan sembarang dan hukuman mati, dan kejahatan perang lainnya. Orang Belanda dan campuran Indonesia-Belanda merupakan target sasaran dalam penguasaan Jepang. Jepang membentuk persiapan kemerdekaan yaitu BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau 独立準備調査会 (Dokuritsu junbi chōsa-kai?) dalam bahasa Jepang. Badan ini bertugas membentuk persiapan-persiapan pra-kemerdekaan dan membuat dasar negara dan digantikan oleh PPKI yang bertugas menyiapkan kemerdekaan.


2 komentar: